Monday, May 07, 2007

Gudang Garam Hardiknas

Client: PT Gudang Garam Tbk
Product: Gudang Garam Corporate
Version: Hardiknas: Jembatan Masa Depan
Duration: 60"
Agency: Octocomm Asia
Creative Director: Hakim Lubis
Creative Group Head: Eric Hotma
Art Director: Dami Sidharta
Copywriter: Ferro Miryantoro
Business Director: Jimmy Saputra
Account Manager: Fransisca Dinar
Production House: 25 Frame
Executive Producer: Dede Imam
Film Director: Ipang Wahid
Fotographer: Sam Nugroho
Music: EGG Production
TC: VHQ
Post: VHQ



Beda dari commercial yang gw buat belakangan, kali ini kita berangkat dari sebuah kisah nyata tentang perjuangan anak-anak SD di daerah yang untuk bisa belajar di sekolah setiap harinya mereka harus menyeberangi sungai dengan berenang!!

Serius bo! Tiap hari, tiap pagi dan siang, mereka berenang nyeberangin sungai yang lebarnya sampai 70 meter!!! Sadarlah kalian yang suka mabal sekolah, nyelundupin tas dari jendela, nitip absen kuliah, nyogok guru olah raga (yg ini gw pernah lo! hahahaha).

OK, semoga semua suka. Karena gw suka iklan ini. Ini hanya akan jadi iklan biasa kalau ini bukan kisah nyata. Gw tunggu komennya!!!

16 Comments:

At 11:34 AM, Anonymous Anonymous said...

dari adegan pertama gw udh nebak ini GG, tetap dgn warna yg sama...tapi yg gw mikir, bener nggak sih mrk sampe hrs berenang sampe segitunya...trus underwearnya jadi basah dong...hehehe

 
At 1:02 PM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal..saya nana!
hmm..dari sisi teknik pengambilan gambar dan segala macem sih saya puas,,sangat memperlihatkan kalo itu adalah Indonesia! yah kalo dari pesan moral sih,,bagaimana pun keadaan nya..mereka tetap tertawa bukan? hahahahaha..itu indonesia!

 
At 10:57 AM, Anonymous Anonymous said...

kerjasama TIM yang bagus:)
semangat terus Bro.

dody_telesklebes@yahoo.com

 
At 6:48 PM, Anonymous Anonymous said...

gw pernah lihat foto dan artikelnya(atau keterangan foto doang ya?)di kompas. Ide yang keren untuk menggunakan isu ini, dan art directionnya juga OK banget. Congratulion Dam.

 
At 9:28 AM, Anonymous Anonymous said...

saya utik...
Pertama liat iklannya aq ga nyangka itu GG soalnya menurutku "karakter" iklan itu mirip ama ILM juga yang punyanya...hehehe... maaf aq lupa siapa, tapi ada lah yg rada2 mirip. But it's ok!! i like it! berasa liat "Surat Sahabat" aja ^_^

Ngomong2 syutingnya kayak apa tuh? bener2 di pedalaman ya?

 
At 2:47 PM, Anonymous Anonymous said...

hAiii.....
waduhh keren bangget tuhh iklan
wahh bakat b9d jadi art director
kapan2 bisa minta ajarin niy hehe..
pkk'a salut deeeehhhhhhhhh

 
At 2:49 PM, Anonymous Anonymous said...

two thumbs up!!!
waduhh udah kayak iklan'a titi kamal aj hueheheheh


zhie27_luvyluv@yahoo.com

 
At 5:08 PM, Blogger great ani said...

maaf dam, dari lubuk hati yg plg dalam saya ga pernah peduli kalau ada iklan kayak gini, ga pernah melihat sampe beres kecuali pas udah liat printnya di kompas, baru ngeh klo itu iklan yg sama. ga tau sih, tapi kayaknya idenya udah banyak dipake dulu2.. jadi ya pendidikan nasional pasti ngomong pendidikan anak2 di pedalaman, dengan usaha gila dan tekad yang juga gila...ga surprising lagi...

menurutku lo.....
maaf ya klo ani salah...maklum masih belajar (tapi sok tahu gini...hehehe)

 
At 11:00 AM, Blogger Unknown said...

wuih Dami my bro.. (kayanya batal jadi brother, hwakakakak)ya wes diganti saja..

wuih Dami temanku, setelah melalui seleksi berdasarkan penilaian yang sama dengan sinemaindonesia, gw kasi 4 bintang buat iklan ini (****) hehehe..

ceritanya ini sangat menggugah hati gw karena dulu waktu jamannya sekolah gw cuman bisa tidur di kelas dan setelah lulus maunya maen-maen terus, gak pernah mau belajar, alhasil cuman jadi buruh iklan yang gak punya duit hwehekekek..
art directingnya juga bagus Dam, keep up dan tingkatin lagi..

pasti lo bertanya-tanya kenapa gw gak ngasi 5 bintang buat iklan ini (print ad), krn gw masi bisa tau apa yang kalian lakukan dengan seperangkat brush dari photoshop dan gelombang air itu hwehehehehe

peace bro! eh teman..:P

 
At 11:01 AM, Blogger Unknown said...

This comment has been removed by the author.

 
At 9:16 AM, Anonymous Anonymous said...

Hi Dami...
Keren...tapi saya yakin ini pasti bukan hasil ide seorang dami seorang,pasti ada creative directornya yg lebih mengarahkan idenya..ada account director yang mengarahkan konsepnya...dan dami sendiri art diretor lebih banyak membuat visual art.
yang penting keren ko ad-nya..

 
At 10:29 PM, Blogger damisidharta said...

Hahahahaha...
Ya gak mungkinlah kalo cuma gw yg ngerjain. Kan gw juga cantumin siapa aja yang kerja sama bikin iklan ini..

Blom mampulah kalo gw disuruh kerja sendiri...

 
At 11:54 AM, Blogger an.antha said...

nyogok guru olahraga?

wajar sih dam, soalnya mereka rata2 doyan ama duit...gw aja waktu smp prnh dipaksa beli tabloid bekas dgn harga baru...t*i!

nyelesaiin sekolah dulu yaaa...:D

 
At 11:39 PM, Anonymous Anonymous said...

hebat banget.
heartsale banget.
koq bisa ya mas?
let say it's the original Indonesia.
hidup Indonesia.
nih iklan siap menyongsong keinginan pemerintah.

 
At 4:05 PM, Anonymous Anonymous said...

"boring!", "clutter", "ide lama", "kayaknya udah pernah liat deh!"...komentar2 cliche' orang iklan...padahal iklan bukan sekedar kreativitas...dan hidup bukan sekedar iklan...

salut buat dami dkk..!!!

 
At 6:36 PM, Blogger priyatnadp said...

Wah selamat buat art directornya!!! Buat saya konsep di iklan ini jauh lebih dalem daripada GG versi kemerdekaan sama tahun baru ang surealis, WOW, 3 thumbs up tapi suka bikin kita lupa dimana kita. Versi Hardiknas ini ada semangat yang menyentuhnya. Karena gw ngga bisa berenang, untungnya masih bisa sekolah.

Kalo ntar kebagian order GG versi puasa atau lebaran kalo bisa request gw lebih suka yang konsepnya gini. Ada pesan nggak verbal tapi tegas, daripada yang wow heboh seperti iklan undian bank.

 

Post a Comment

<< Home