Tuesday, December 26, 2006

Gudang Garam Rumahku Indonesiaku : Cahaya Asa

Client: PT Gudang Garam Tbk
Product: Gudang Garam Corporate
Version: Rumahku Indonesiaku: Cahaya Asa
Duration: 180"
Agency: Octocomm Asia
Creative Director: Hakim Lubis
Creative Group Head: Eric Hotma
Art Director: Dami Sidharta
Copywriter: Ferro Miryantoro
Business Director: Jimmy Saputra
Account Manager: Fransisca Dinar
Creative Advisor: Jay Subiyakto
Production House: 25 Frame
Executive Producer: Dede Imam
Film Director: Ipang Wahid
Fashion Designer: Edward Hutabarat
Fotographer: Davy Linggar & Oetomo
Music: EGG Production
TC: Grade One
Post: VHQ

Akhirnya TVC dan print ad GG terbaru ini tayang juga. Hasil kerja keras selama ini hasilnya sudah bisa dilihat. Well, proyek ini banyak ngasih pelajaran buat gw pribadi. Skalanya yang besar dan orang2 yang terlibat didalamnya ngasih gw pengalaman dan pelajaran baru yang berharga.

Proses pengerjaannya, dari mulai konsep, pre-pro, produksi, dan post-pronya sangat proper. Paling proper sepanjang karir gw di advertising (yang baru 5 bulan). Semua tahapannya ngasih gw pengalaman yg baru, yg ngebuka mata gw, kaya' yg gw tulis di post terakhir gw. Termasuk pengalaman gw pertama kali naek helikopter.. hahaha norak ya gw...

Anyway, semoga semua suka. Komennya juga gw tunggu ya!!

Enjoy!!




P.S.:

Makasih banget buat yang udah ngasih komen... Karena banyak yang nanya, gw akan coba jelasin sedikit pemikiran dibelakang iklan ini.

OBJECTIVE:
PT Gudang Garam Tbk ingin melakukan sebuah campaign untuk membangun persepsi bahwa PT Gudang Garam adalah perusahaan produsen rokok nasional dan dapat mewakili Indonesia.

CREATIVE ROUTE:
Campaign Gudang Garam Corporate akan bersifat tactical, memanfaatkan momen2 nasional seperti hari kemerdekaan, tahun baru, dll. Setiap iklannya akan kental nuansa Indonesianya baik dari segi visual maupun audionya. Berbeda dengan kebanyakan iklan layanan masyarakat yang sering mengangkat sisi negatif dan bersifat kritis, campaign ini bertujuan untuk mengembalikan perasaan bangga sebagai orang Indonesia dan membuka mata audience bahwa Indonesia bukan hanya korupsi, gempa, tsunami, dll, tapi juga memiliki kekayaan alam dan kebudayaan yang beraneka ragam.

WHAT TO SAY:
Untuk moment tahun baru, pesan yang ingin disampaikan adalah "harapan baru" yang kita analogikan sebagai cahaya (senjata yang dibakar dan dilempar ke angkasa) dan diberi nama CAHAYA ASA.

VISUAL CONCEPT:
TVC ini tidak ingin menjadi terlalu tradisional dan bertutur tapi lebih kontemporer dan surealis (gw gak suka istilah postmodern). Indonesia ditampilkan bukan hanya dari landscape, tapi juga kebudayaan seperti pakaian, tarian, lukisan (animasi lukisan bali), senjata dan perabot. Didalamnya juga kita sisipkan keberagaman suku dan persatuan dengan membentuk 5 kelompok yang diwakili dengan 5 wanita sebagai simbol ibu pertiwi.

COPY CONCEPT:
Seperti disebutkan di atas, Harapan diolah menjadi "cahaya asa". Tidak seperti iklan Gudang Garam 17an yang menggunakan voice over, kali ini copynya dijadikan lirik dan dinyanyikan. "Beragam warna di Indonesia, menyatu dalam gelora. Harumi bumi, hiasi langit, dengan cahaya asa."

CREATIVE OUTPUT:
Seperti yang kalian semua liat di TV.


Gw yakin iklan ini masih sangat jauh dari sempurna. Misalnya, ucapan selamat natal yang akhirnya membuat pesan iklan ini bias. Ada beberapa pertimbangan yang akhirnya menuntut untuk menyisipkan pesan selamat natal di iklan ini, beberapa saat sebelum tayang.

Gw masih mengharapkan masukan nih.. biar kedepannya gw bisa bikin yang lebih baik lagi...

56 Comments:

At 7:17 PM, Anonymous Anonymous said...

in case gak liat comment gua di post yg uda lama, gua sama kaya dessy >.<
mau minta copy iklannya buat dokumentasi inspirasi design..
kalo bisa minta copynya harus kemana yah?
dan.. kalo ada waktu n mau bantu aku, tolong dong ceritain ttg produksinya..
tinggal email say hi ke email aku
wind_on_ice@hotmail.com
pegen nanya buanyak.. bgt ttg design
maklum i'm newbie di design..
thx a lot

jaya terus indonesia!! ^^

 
At 1:31 PM, Anonymous Anonymous said...

aku senang banget dg iklan ini.... aku rela banget menghentikan semua kegiatanku hanya untuk liat iklan ini...'
aku benar2 kagum dengan iklan ini
INDONESIA BANGET....
SEMANGAT TRUS PERIKLANAN IDONESIA!!
SEMANGAT JUGA YA SIDARTHA GAUTAMA

 
At 2:22 PM, Anonymous Anonymous said...

lagi-lagi keren. saya selalu berdecak mbayangin budgetnya :D.
tapi sepertinya gak msalah ya, saya aja yang cuma penikmat bisa puas gitu mantenginnya beberapa menit.
btw, kalo bikin lagi buat gudang garam nitip salam buat Fahrani donk, nih cewek Indonesia banget :D

 
At 4:51 PM, Anonymous Anonymous said...

mantaaab, g dah nunggu iklan selanjutnya gudang garam dan jadinya kereeen bgt. beda lah.

bs ceritain ttg konsep cerita dan visualnya ga? g tertarik, buat dijadiin analisis tugas juga sih,kalou ada waktu itu juga, hehe.. (paintor_sr@yahoo.com - bremby dkv 2003) .thx

sukses, kang

 
At 7:55 PM, Anonymous Anonymous said...

pertama kali gw liat iklannya, gw langsung muntah darah keringat nanah sambil mengumpat: anjis keren pisaaaan!!!
pas gw liat behind the scenenya, gw smakin mantap kalo minat gw emang di production house. tp pengalaman 3 smester di kvp, ga bakal gw sia siain.
gw berharap kita bisa ketemu di dunia industri nanti.
salut!
-borneKVP'03-(borneostuff@yahoo.com)

 
At 1:22 AM, Anonymous Anonymous said...

visualnya bagus banget. tp yang mau dijual apa yah?? kok g lom nangkep??
hubungannya sama brandnya gmn??
gudang garam sampai ke pelosok indonesia??

thx

 
At 11:24 AM, Anonymous Anonymous said...

ga ada kata lain yang bisa terucap, selain okeeee, TOP BGT dan INDONESIA banget...baik secara konsep maupun aktris yang terlibat didalamnya.Langsung terasa dan nyentuh dikalbu waktu ngelihat iklannya.Banyak makna yang tersampaikan didalamnya.
Btw...gimana caranya dapat copyan iklan "GG Indonesia Rumahku dan GG Lebaran"
-eka-
(eka790_arch00@yahoo.com)

 
At 11:41 AM, Blogger EP said...

Hallo!...
Setelah ngeliat iklan2 "Rumahku Indonesiaku" di tv, aku cuma bisa bilang kalo (kedua) iklan ini pantas dapet penghargaan iklan terbaik.

Tanpa bermaksud hiperbolis dan terlalu memuji, aku mau share sedikit soal iklan ini.

Jujur, sepanjang tahun 2006 kemarin cuma iklan ini yang bisa bikin aku merinding dan emosional. Terasa darah mengalir ke kepala, I mean... "nasionalisme"-ku kumat. These ads shows me that Indonesia is great. Indonesia yang bermartabat, punya pengharapan, dan aku nggak mau kalah sama bangsa lain. Makin cinta dgn Indonesia. I wanna do something more for this country.

Musiknya bagus, so Indonesia! Bikin airmata hampir jatuh dan nggak ngebosenin. Musik seperti ini yang aku tunggu2 dari dunia adv Indonesia. Yang vokalis cowoknya siapa ya? kayaknya kawan dari Papua kalo nggak salah dengar (karna suaranya merdu).

Grafis juga ok. Secara keseluruhan: sumpah, keren! Angle-nya cocok sekali (bagiku). Sangat kolosal dan kelihatan megah...

Oia, temanya juga jarang yang ngangkat. Baru kali ini ada orang2 adv mau habis2an menunjukkan Indonesia dari suatu sisi yang tak pernah dilihat orang kebanyakan. Sejak seri Tujuhbelasan hingga Cahaya Asa, konsistensinya terjaga. Di Cahaya Asa yang aku tangkap ada sedikit simbolisasi, yaitu para heroine (pejuang wanita) itu yang menurut aku mewakili karakter plus identitas budaya yang kuat. Salut buat kalian yang bisa meramu Indonesia yang multikultural dalam lima sosok heroine yang berkarakter (Hehehe, itu endhitta makin cantik aja. Salut juga buat desainernya.)

Kalo boleh usul, di "Rumahku Indonesiaku" berikutnya ada baiknya tema yang diangkat itu soal Konstelasi Alam, a.k.a mengajak yang muda2 ini untuk mau peduli sama alam Indonesia yang rusak karna orang2 tak bertanggungjawab. Pake simbolisasi heroine juga. Ada heroine yang mewakili laut, hutan, gunung api, udara, dan satu lagi heroine yang menyatukan semuanya (si mbak Fahrani itu). hehehe itu cuma usul dariku. Salut untuk semua teamwork yang udah kerja keras untuk kedua iklan ini... Selamat Tahun Baru!...

Rumahku Indonesiaku, I love Indonesia...

 
At 2:30 PM, Blogger thomasdian said...

keren ... ini dia baru iklan keren. tapi kok iklan kaya gini jarang kedengeran menang Citra Pariwara ya...hehehe.
selamat deh, situ art director handal.
Selamat juga..dah bisa kerja bareng mas Jay sama mas Ipang...orang2 top itu.

btw. adegan pertama yang gambar ombak animasi itu...mirip sama animasi credit titlenya film Unfortunate Event. Gpp tetep keren kok.

 
At 7:17 PM, Blogger eNdaH said...

pertama liat seri "rumahku indonesiaku" iklan milik GG ini cuman suka ngeliat talent fahrani nya doang. tapi di episode cahaya asa ini, aku salut karna episode ini iklan yang menurut aku sukses banget ngaduk2 emosi dan klimaksnya juga dapet. klo menurut bahasa ku sih "feel nya dapet". salut aja ama anda sebagai art director nya yg bisa nyatuin keseluruhan scene dalam suatu tayangan singkat yang bener indah dipandang mata.salut sekali lagi..=)

 
At 11:31 AM, Anonymous Anonymous said...

Shake a dooo....!!
iklan ini benar2 keren...........!!
very indonesia
benar2 mencerminkan kekayaan seni budaya indonesia
iklan yang benar2 mengagumi budaya indonesia
alurnya sangat menarik
artnya membekas,yang lebih menarik waktu omongan pake bahasa jawa itu
show the powerfull of indonesian womens
tidak terdapat unsur2 peniruan budaya asing
menunjukan semua sisi indonesia seperti alamnya, orangnya, budayanya
juga menunjukan semua ras dan budaya indonesia
tapi.....kenapa salah satu model wanitanya tidak diambil dari papua
agar semua ras kita diperlihatkan, walaupun ada juga unsur lain
yang telah digunakan seperti senjatanya


saya yakin dengan kerja keras dari semua kru iklan ini
akan menghasilkan banyak penghargaan
thanks untuk semua kru

saya sangat terkesan dengan iklan ini
pokoknya banyak kata yg tak dapat digambarkan dengan kata2
terlalu bagus ni iklan....he he he
thanks to my motherland
thanks to indonesia
i pround be the indonesian

 
At 12:26 PM, Blogger admin said...

salut buat karya2nya, iklan Rumahku Indonesiaku series emang keren - keren!! kalau bisa upload vidio streaming nya juga donk :D

 
At 1:33 PM, Anonymous Anonymous said...

sekali lagi gua pengen nanya apa hubungan konsep rumahku indonesiaku sama image produk gudang garam itu sendiri?? ada relavansinya gak??

atau GG udah dikenal diseluruh pelosok dan jadi rokok kebanyakan orang Indonesia??

kalau misal starmild gitu kan jelas imagenya bikin anak muda nunjukin obsesi mereka. A mild bikin orang bersuara lantang tanpa basa basi.

kalo GG dan DJarum konsep awalnya apa???

mungkin om dami bisa jelaskan.
thanks

 
At 8:21 PM, Anonymous Anonymous said...

huaaaa keren keren, sayang di sini ga ditayangin iklan2 indo, kata temenku yg baru dari indo siih keren
kira2 di web gitu ada ga videonya? ud ngecek di youtube tapi ga ada
anyway, keep up the good work!

 
At 9:21 AM, Anonymous Anonymous said...

ya namanya juga ucapan selamat
so what kalo buat ikan kaya gitu
memang hubungan iklan ama rokok saya sendiri bingung,tapi pandang dong tujuannya untuk apa,ucapan selamat tau,emangnya kalo itu pabrik rokok harus menyertakan produknya pada setiap iklan?walaupun itu iklan untuk ucapan selamat, ya udah kenapa kamu g usul aja ke om Dami supaya iklan berikutnya si Fahrani jalan sambil isap rokok aja supaya ada hubungannya, he he he

untuk om Dami, Cool...!!
peace yoo

 
At 3:23 PM, Anonymous Anonymous said...

pertama lihat iklan ini...ngga' terasa air mata menetes.
kali kedua lihat, rasanya terharu, perasaan meledak2
wuihh...iklan ini keren banget.
musiknya OK banget, ngga' kalah ma lagu2 yg lagi in saat ini.
gmn klo bikin album dari hasil kolaborasi kesenian2 di indonesia
iklan ini bener2 indonesia banget, setelah nonton iklan ini rasanya nasionalismeku naik beberapa tingkat.
thank U buat iklan ini yang bikin aku sadar kalo indonesia itu kayaa...banget,alamnya ngga' kalah ma negara2 lain.
semoga para generasi muda lainnya bisa lebih mencintai indonesia

 
At 5:24 PM, Anonymous Anonymous said...

good work..
cool abisss..
keren bgtzzzz
mau smp kapan jg kayaknya G ga bakal bosen ngeliat ni iklan, apalgi pas ngeliat behind the scene nya...
banyak org2 kreatif...
keep fight till the end!!!

 
At 10:41 PM, Blogger damisidharta said...

Makasih banget buat yang udah ngasih komen... Karena banyak yang nanya, gw akan coba jelasin sedikit pemikiran dibelakang iklan ini.

OBJECTIVE:
PT Gudang Garam Tbk ingin melakukan sebuah campaign untuk membangun persepsi bahwa PT Gudang Garam adalah perusahaan produsen rokok nasional dan dapat mewakili Indonesia.

CREATIVE ROUTE:
Campaign Gudang Garam Corporate akan bersifat tactical, memanfaatkan momen2 nasional seperti hari kemerdekaan, tahun baru, dll. Setiap iklannya akan kental nuansa Indonesianya baik dari segi visual maupun audionya. Berbeda dengan kebanyakan iklan layanan masyarakat yang sering mengangkat sisi negatif dan bersifat kritis, campaign ini bertujuan untuk mengembalikan perasaan bangga sebagai orang Indonesia dan membuka mata audience bahwa Indonesia bukan hanya korupsi, gempa, tsunami, dll, tapi juga memiliki kekayaan alam dan kebudayaan yang beraneka ragam.

WHAT TO SAY:
Untuk moment tahun baru, pesan yang ingin disampaikan adalah "harapan baru" yang kita analogikan sebagai cahaya (senjata yang dibakar dan dilempar ke angkasa) dan diberi nama CAHAYA ASA.

VISUAL CONCEPT:
TVC ini tidak ingin menjadi terlalu tradisional dan bertutur tapi lebih kontemporer dan surealis (gw gak suka istilah postmodern). Indonesia ditampilkan bukan hanya dari landscape, tapi juga kebudayaan seperti pakaian, tarian, lukisan (animasi lukisan bali), senjata dan perabot. Didalamnya juga kita sisipkan keberagaman suku dan persatuan dengan membentuk 5 kelompok yang diwakili dengan 5 wanita sebagai simbol ibu pertiwi.

COPY CONCEPT:
Seperti disebutkan di atas, Harapan diolah menjadi "cahaya asa". Tidak seperti iklan Gudang Garam 17an yang menggunakan voice over, kali ini copynya dijadikan lirik dan dinyanyikan. "Beragam warna di Indonesia, menyatu dalam gelora. Harumi bumi, hiasi langit, dengan cahaya asa."

CREATIVE OUTPUT:
Seperti yang kalian semua liat di TV.


Gw yakin iklan ini masih sangat jauh dari sempurna. Misalnya, ucapan selamat natal yang akhirnya membuat pesan iklan ini bias. Ada beberapa pertimbangan yang akhirnya menuntut untuk menyisipkan pesan selamat natal di iklan ini, beberapa saat sebelum tayang.

Gw masih mengharapkan masukan nih.. biar kedepannya gw bisa bikin yang lebih baik lagi...

 
At 12:55 PM, Anonymous Anonymous said...

HI

wah ni iklan paling keren dari yg lain!!!!

gak Dari visual nya saja yang bagus tapi kita pun bisa melihat keindahan alam di indonesia.....



BtW,.....
boleh minta copyan nya gak???
plizzzzzzzzzzzzz.....

Kalo gak kirim ke

new_born_of_jc@yahoo.co.id

 
At 5:32 PM, Anonymous Anonymous said...

gua setuju...
nice works...
bagus banget...

btw boleh ga' gua minta copyannya...
please...

sekarang kan jarang d puter tu...
so ga' bs sering-sering liat...

klo boleh tlg kirim link-nya ke donparis@plasa.com ya...

thanks...

 
At 9:37 AM, Anonymous Anonymous said...

AWESOME DAMI !!!

WELL well done,

 
At 8:28 PM, Anonymous Anonymous said...

gila keren banget...sumpah waktu pertama liat langsung jatoh cintrong ma ni iklan...pa lagi bis denger kata"disini kita lahir,disini kita hidup,rumahku,indonesiaku"spontan daku langsung mrinding...kayaknya anak muda skarang musti meresapi kata2 tadi,ga cb sok nasionalis see,tapi bener kan...Secara daku penari tradisi indonesia,skarang dah juarang banget anak muda yang mau blajar tradisinya sendiri...apa pada kaga malu ama Mrs.Karen(pernah liat orang bule amrik nyinden ama nari ngremo kan..)dya lho bisa basa kawa alus banget...kita(anak muda)dah jarang yang bisa....


oh ya kalo bisa minta copy iklannya dunk.Dhanoe(dhanoe2@plasa.com)

 
At 11:58 PM, Anonymous Anonymous said...

Salute dam,

Pertama kali liat ni TVC, gw lgs merinding. gw bela2in terus ganti2 chanel TV buat liat ni TVC.

Gw perhati'in iklan korporat GG mulai versi 17-an.
Loe bisa dapetin konsistensi, n hrs diakui crafting-nya ok.
Paling ngga dpt award di art directing n korporat-nya CP.

over all, ok bgt bos.
cuma gw bingung ama ending,
pas adegan lempar api ke langit.
cewe yg ngelempar api ada brp ya?
trus apinya yg di langit ada brp?
kok gw perhatiin ga sama,
moga2 gw salah. =p

what ever-lah,
i think that's great job...!!!

 
At 5:45 PM, Blogger Celoteh Putri said...

gila ini iklan keren banget!!!
pertama kali nonton aku nggak ngira kl ini iklan ucapan tahun barunya gudang garam.
selamat yak!!

 
At 2:31 PM, Anonymous Anonymous said...

buat mas sidharta!!!
jujur saya kaget banget dengan iklan yang dikeluarkan gudang garam (GG) saat ini!

beda dengan konsep2 beriklan GG selama ini, dan untuk sebuah iklan korporate produsen rokok bener-bener amazing!

jiwa nasionalisme saya menjadi naik, serta memiliki perasaan bangga terhadap Indonesia.

namun dengan melihat iklan GG sekarang, saya jadi teringat dengan iklan bentoel biru yang terkenal dengan lagu "i love the blue of indonesia" (klo ga salah sie) klo salahmohon dikoreksi. yang keluar pada tahun 94'.

tetap berkarya yach.....

 
At 5:43 PM, Anonymous Anonymous said...

Berbeda dengan kebanyakan iklan layanan masyarakat yang sering mengangkat sisi negatif dan bersifat kritis, campaign ini bertujuan untuk mengembalikan perasaan bangga sebagai orang Indonesia dan membuka mata audience bahwa Indonesia bukan hanya korupsi, gempa, tsunami, dll, tapi juga memiliki kekayaan alam dan kebudayaan yang beraneka ragam.

Ya benar... tapi semua argumenmu itu ga mewakili Indonnesia saat ini. Indonesia butuh keteladanan yang berbudi luhur. Bukan mengembalikan perasaan bangga.

salam
dody_telesklebes

 
At 5:46 PM, Anonymous Anonymous said...

Berbeda dengan kebanyakan iklan layanan masyarakat yang sering mengangkat sisi negatif dan bersifat kritis, campaign ini bertujuan untuk mengembalikan perasaan bangga sebagai orang Indonesia dan membuka mata audience bahwa Indonesia bukan hanya korupsi, gempa, tsunami, dll, tapi juga memiliki kekayaan alam dan kebudayaan yang beraneka ragam.

Ya benar... tapi semua argumenmu itu ga mewakili Indonesia saat ini. Indonesia butuh keteladanan yang berbudi luhur. Bukan mengembalikan perasaan bangga.

salam
dody_telesklebes

 
At 10:55 AM, Anonymous Anonymous said...

Proses pengerjaannya, dari mulai konsep, pre-pro, produksi, dan post-pronya sangat proper. Paling proper sepanjang karir gw di advertising (yang baru 5 bulan). Semua tahapannya ngasih gw pengalaman yg baru, yg ngebuka mata gw, kaya' yg gw tulis di post terakhir gw. Termasuk pengalaman gw pertama kali naek helikopter.. hahaha norak ya gw...

Anyway, semoga semua suka. Komennya juga gw tunggu ya!!

Enjoy!!

KOMEN:
salut baru 5 bulan udah langsung jadi art direktur...juniornya mana?:p

aku lebih salut ama mas Ipang dan Mas Jay

kutunggu karya-karyamu...

jaya trus Indonesia:)
joko
gelandangan jogja

 
At 4:37 PM, Anonymous Anonymous said...

Hallo! ;)
hey... what sick comments!
what do U think about it?

 
At 5:33 PM, Anonymous Anonymous said...

wah...ni iklan bikin gw merinding n mpe mo nangis waktu nontonnya...
apalagi yg edisi 17-an, ngena banget!!!!
baru kerasa...iya ya kita kan hidup di Indonesia tapi ga pernah nyadar buat bangga n cinta ma negeri ini....
nasionalisme gw langsung bangkit euy....
yg edisi cahaya asa juga oke...
ga nyangka banget GG bakalan bikin satu lagi iklan yg Indonesia banget...
Fahrani-nya keren bgt!!!
n yg bikin gw merinding ga keruan, music sound-nya itu loh....
Gila...keren abieezzzz
ada nuansa etnik2nya gitu...
o ya mas, bisa minta copyannya g?
abis seneng bgt liat iklannya, tapi sekarang udh jarang di puter di tv...
plizzzzz....
tolong kirim ke curly_galz@plasa.com yah....
thx
salut buat tim kreatifnya n ditunggu iklan2 selanjutnya yg lebih Indonesia bgt =D

 
At 12:19 AM, Anonymous Anonymous said...

bagus, bahkan hebat... tapi agak terlalu lama ya...

dari : mouse optic Adv. Jogjakarta

 
At 2:23 PM, Anonymous Anonymous said...

gw baru kali ini ngeliat iklan yg bener2 terkonsep ...
gilee bener.........
mengexplor keaneka ragaman budaya di indonesia di paduin dengan background musik yg komposisinya klop abis and kemasannya ok punya ....
pertanyaan buat mas jay subiyakto :

pertama kali dapet ide dari mana mas ??
25 hari adalah waktu yg cukup singkat bwt nyelesaikan proyek besar rumahku indonesiaku , gimana caranya sich mas bwt ngelahirin ide besar rumahku indonesiaku sedangkan sdg dikejar deadline ??
knapa kok mas jay gak mau kerja di agensi asing ??
karena bener2 cinta indonesia or cuma ngedepankan ego semata??
padahal tuntutan zaman mengharuskan segala masalah diselesaikan secara diplomatis...
apakah ide mas jay akan rumahku indonesiaku sudah cukup universal ????????

 
At 9:09 PM, Anonymous Anonymous said...

Gilaa...keren iklannx! Lebih keren lag ternyata sodara dami sidharta yang buat. salut! dami kerenn...iklannx very artistic. Beautifull! Congrats bow!

 
At 8:25 PM, Anonymous Anonymous said...

halo...salam kenal...gw mau comment:
iklannya keren...
ternyata yang jadi art directornya damiSidharta, yang blognya kmaren2 dikasi liat sama senior gw...katanya karya TAnya inspired...
jadi pengen kenal..hehe...
commentnya udah telat sih.. tapi gw pengen bilang kalo iklan ini emang keren...pas ngliat iklan ini gw jadi cinta lagi sama Indonesia...gw jadi inget kalo Indonesia tuh indah, bukan cuman korupsi doang isinya...hehe...
btw, kalo mau minta copynya gimana caranya ya? abis di TVCOnair gw liat ga ada..
kalo mau n sempet, minta tolong kirimin ke email gw yah?
Kapan2 aja gpp...kayanya skarang lagi sibuk ya?jadi jarang ngepost lagi...padahal gw seneng liat2 blog ini..tiap online pasti gw kesini..gw pengen tau banyak soal desain...soalnya gw msh anak baru di desain...baru smester2.. masih bloon, ga tau apa2...hehe...
gw harap someday gw bisa ngobrol2 sama om Dami... :)

yasudah...gitu aja..
thx a lot..!!!
Fan [joel_DVEC@Yahoo.com]

 
At 10:53 AM, Anonymous Anonymous said...

bisa ga gw dapetin jingle iklan ny? klo bisa gimana cara ny?

please replay in martabak_3@yahoo.com

gw tunggu kabar ny..thanks...

btw, execelent job..

 
At 11:49 PM, Anonymous Anonymous said...

satu kata untuk kerja keras kalian... Salute!!!

hebat mas... jujur saja saya terharu ketika pertama melihat iklan, dan semakin penasaran untuk bisa melihat iklan2 GG lainnya. Karena kalian dah ngangkat budaya lokal dengan desain dan eksekusi media yang luar biasa...

sekali lagi Salute u tim produksi semuanya!!!

 
At 11:42 AM, Blogger iphoee said...

iklannya keren bgt!! selamat ya..
btw,blh mnta jingle iklannya g?
thx.

 
At 1:28 PM, Anonymous Anonymous said...

iklan yang keren abizzzz!!
pertama kali liat iklan ini langsung bengong.........hah kok bisa ya iklan ini bikin perasaan ini jadi campur aduk...wuih ga karuan... mengharu biru..
btw boleh dong minta copy iklannx ke listyariniyeni@yahoo.com

good job, congrat de..

 
At 12:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Sejak pertama kali gue liat iklan GG ini, emosi kebangsaan gue mendidih... sesuatu yang sudah lama gak kita rasain sebagai bangsa Indonesia yang besar...
iklan ini adalah salah satu bentuk corporate social responsibility dari GG buat bangsa yang lagi terpuruk ini...
mudah2an iklan GG dapat mengilhami bangsa kita untuk bangkit, karena masih banyak lagi hal2 baik yang dimiliki bangsa Indonesia dan bisa kita tunjukkan kepada dunia...
PS:
tolong diperbanyak jam tayang iklannya di TV, kadang2 iklan GG lebih menarik daripada acara di TV...
Ditunggu lagi loh, iklan GG yang berikutnya...

 
At 9:34 PM, Anonymous Anonymous said...

iklan ini luar biasa keren abis.
mudah-mudahan tidk di patenkan sama negara tetangga ;p

 
At 5:33 PM, Blogger Unknown said...

mau jadi pembicara ngga di seminar LKMM XVI, FIB UI?? ntar konsep acaranya dikirim by email..

tita

 
At 3:18 PM, Anonymous Anonymous said...

keren banget..gw gak bosen2 liat ni iklan..keep up the good work yah..hope to see your next best shot..:)

 
At 2:49 AM, Anonymous Anonymous said...

iklan ini bagus bgt yah??? ga bosen2 denger+ngeliatnya, sampe niat misahin audionya buat didengerin terus pake mp3 player hehehe..
yang jelas bikin cinta indonesia deh, gw bersyukur bisa liat tvc spt ini..yang cahaya asa jg sama2 bagusnya..

tapi saya penasaran ama lirik di Rumahku Indonesiaku dan yang di Cahaya Asa.. disitu ada bahasa daerah deh kayaknya...

mas dami bisa kasih tau lirik itu apa? kalo bisa artinya juga.. biar yang liat (well,, saya sih sbnrnya) bisa lebih dapet pesannya.. bisa yah?? pleasseeee....

love u'r work.. thanks..

 
At 8:29 PM, Anonymous Anonymous said...

the coolest advertisement I ever see....

5 thumb up!!!

bagus, bagus, bagus, bagus, dan bagus....

AKu suka banget....
mulai dari Rumahku Indonesiaku (17 Agustus), Cahaya Asa (Natal dan Tahun Baru), ampe Indonesia Adya (17 Agustus 2007 lalu).....

Indonesia banget...

Saran yah, kalo ada yang mau ngerespon, sebenernya dua iklan ini (Rumahku Indonesiaku ama Cahaya Asa) dijadikan 'theme' buat program "Visit Indonesia Year 2008" ini, supaya orang2 di luar negeri sana biar makin banyak yang dateng ke Indonesia....

Kan dua iklan itu mewakili Indonesia banget, dalam durasi lebih kurang 5 menit.....

G salah kan?
Boleh nggak minta backsound ma liriknya saja?

Buat ngapalin....

kayaknya yang dinyanyi'in ma penyanyinya tuh bahasa daerah yah....?

I always waiting for the next advertisements......


Good Job!!!

I LOVE INDONESIA

 
At 11:08 AM, Anonymous Anonymous said...

g cuma mau bilang thank u to u.. thank u buat smua orang yang terlibat di iklan ini.. thank u to gudang garam tbk of course...

cuz kalian sudah melakuakan hal yang sangat berharga buat indonesia. iklan kalian mampu menyebarkan efect postif ke audience. waktu liat iklan ini, even g bukan perokok, g punya simpati tersendiri kepada gudang garam, karena iklan kalian akir2 ini seperti mengatakan "sudah saatnya kita sadar untuk lebih mencintai negri kita sendiri"

g stuju banget.. mendukung banget.. ga sabar menunggu kalian mau buat iklan apa lagi. thaks to all...

oh yah, g cuma mau bilang... g pribadi sangat kagum dengan iklan kalian, memberi inspirasi banget. n skarang g sedang buat skripsi..membahas iklan ini. doakan saya berhasil melakuakn yang terbaik yah..anyw, kalo g perlu informasi tambahan, g bisa contact kemana yah? trims.

-cupppz@yahoo.com-

 
At 2:09 PM, Anonymous Anonymous said...

Aku suka sekali dengan iklan ini. Karena kesan Indonesianya dapat banget!
Semua konsep yang ada benar-benar menggambarkan image Indonesia. Malahan di hape aku sempat aku masukin video dan juga lagunya dalam format MP3. .
Thx yow, at least bisa membuat aku tetap cinta dan bangga Indonesia.

 
At 3:09 PM, Anonymous Anonymous said...

saya sangat suka sekali dengan iklan ini....
iklan ini juga saya post di multiply : http://sirongit.multiply.com

iklan saya download dari Youtube-red...

salut....
anna

 
At 8:29 PM, Anonymous Anonymous said...

Gila.. ini iklan favorit aku.. Kalo buat promosi Indo k luar negri, sy yakin orng2 luar bakal berbondong2 k indo dhe...hehe saluut bgt ne iklan..

 
At 10:25 AM, Anonymous Anonymous said...

Tolong dunkkz minta siapa yang nyanyinya+gw kpengen punya track n klipnya, soalnya g bosen2 dengernya.

 
At 10:25 AM, Anonymous Anonymous said...

Tolong dunkkz minta siapa yang nyanyinya+gw kpengen punya track n klipnya, soalnya g bosen2 dengernya.

 
At 7:19 AM, Anonymous naftalia said...

saya suka sekali dg theme song nya.. ud lama bgt cari liriknya sana-sini ga dpt². boleh saya tau lirik lagunya? terima kasih.

 
At 12:53 AM, Anonymous Raymond said...

kalo ada rekaman behind the scenenya saya mau pisan...

 
At 11:01 AM, Blogger Unknown said...

Iklan yang sangat keren... makes me feel proud of my country... sudah seharusnya. Indonesia adalah bangsa yang besar.

Really excellent work.
Bolehkah saya minta kata-kata yang disampaikan dalam video ini? Yang dalam bahasa Jawa itu lho.. tepatnya bagaimana? Thanks

 
At 10:17 AM, Blogger Unknown said...

This comment has been removed by the author.

 
At 10:18 AM, Blogger Unknown said...

Wita Rismayanti10:17 AM
Makasi pernah bikin tulisan ini. Saya jadi bisa mengingat lagi ringtone hp yang pernah saya pakai di tahun 2006. Dan sekarang lagi cari lirik lagu iklan ini beserta artinya. Thanks

 
At 8:57 PM, Blogger watson_hamzah said...

Yang nyanyi Ivan nestorman

 

Post a Comment

<< Home