Thursday, July 20, 2006

Liburan...

Kemaren sempet pulang ke bogor beberapa hari.. Gak ngapa-ngapain juga sih.. Cuma tidur2an, nonton tipi (akhirnya bisa ntn tipi dengan frekwensi tinggi), dan sempet ke jkt liat pameran AdFest..

Heran... biar kata liburan, tapi mata gw sibuk liat kana-kiri, merhatiin hal2 kecil yang mungkin bisa jadi ide buat iklan nantinya, katakanlah semacam nimbun insight.. Dan tentunya mantengin tipi liatin iklan2 terkini.. huuuuhhh.. dasar gak punya kehidupan... Tapi dari itu semua ada beberapa hal yang menggangu pikiran gw sepulang liburan..

TVC Permen Kiss
Ohh.. Kalo soal contentnya gw gak mau komentar.. Yang sangat mengganggu pikiran gw dari iklan ini adalah musiknya. Lagu "Kiss me" dicampur sama rap yang mungkin niatnya remix malah kedengeran tabrakan.. Kacau bgt, rap dan lagu aslinya gak nyambung banget.. Jadi ngerasa sayang...

TVC Gudang Garam
Sebenernya udah liat iklan ini lumayan lama, tapi baru merhatiin waktu di Bogor.. Ok lah, iklan ini mencoba nampilin cowo gudang garam yang cowo bgt, suka petualangan dan tantangan yg coba ditampilkan dengan visual cowo maen bola sendirian di hutan!?

Dari dulu gw selalu ngerasa aneh sama image cowo gudang garam yg coba mereka bangun. Kenapa harus selalu nampilin cowo loner?? Penyendiri, tukang maenan burung (inget iklan GG jaman dulu yg maenan burung elang?), gak punya temen... kasian..

Tapi yg paling menggangu pikiran gw dari iklan versi maen bola di hutan ini adalah--seperti juga iklan Kiss tadi-- MUSIKNYA!! Oh tuhan, karena musiknya yang gak punya hati itu aksi si cowo di dalem hutan itu jadi terlihat bodoh. Gak macho sama sekali. Well, gw gak tau konsep dan idenya, jadi mungkin penilaian gw salah, tapi paling nggak itu pendapat gw setelah merhatiin iklan ini...

TVC Teh Botol
Dulu gw sempet kepikiran bikin iklan Teh Botol dengan ide makan ati, makan temen, dan pagar makan tanaman.. Akhirnya ada juga yang bikin.. Sayang, menurut gw idenya kurang diolah.. Kaya'nya iklan ini mau gokil, gila, tapi kok nanggung, dialognya terlalu biasa. Mungkin mereka takut keliatan norak, jadinya gokilnya gak total. Gw juga gak ngerti sama ekspresi iklan ini yg sangaaaaat datar. Jadinya twist makan atinya kurang hilarious. Bahkan voice over tagline "Ahlinya Teh" juga dibacakan dengan nada datar. Mungkin emang konsepnya begitu, tapi kok gw gak ngerasa iklan ini jadi bagus dengan dibuat datar ya... Ada yg bisa menjelaskan?

Ambient Formula
Waktu ke jkt mau liat pameran AdFest gw sempet muas2in keliling2 naek busway alias nyasar.. Lumayan juga, 2 jam keliling2 dan gonta ganti bis... Di salah satu bis yg gw naekin itu, gw sempet liat iklannya Sikat Gigi Formula di panel dan pegangannya. Waktu naek dan liat iklan itu, hati gw bersorak, "Ambient media!!". Tapi setelah gw perhatiin lagi, "Ini maksudnya apa ya??".. Lebih mirip mindahin material print ad ke bis doang.. Gw belom nangkep ada ide yg kontekstual dengan penempatannya di bis Transjakarta.. Mohon kalau ada yg ngerti, harap dijelaskan..

Pameran AdFest
Akhirnya nyampe juga di Bentara Budaya. Sayang salah hari, gak bisa liat bedah iklan bareng Didit Indra. Padahal udah sengaja dateng pake kaos I WANT YOUR BLOODY JOB sambil berharap ketemu anak2 blog itu di sana. Sayang, gw dateng pas sepi banget. Jadi gak ketemu siapa2.

TVC2 pemenang AdFest, seperti biasa banyak yg no award. Beberapa yg sempet gw liat dan gw inget adalah TVC Smooth E dan Bir Cheers. Juga ada iklan yg kalo gak salah tentang olah raga, versi beli kosmetik, dan gantung diri... aaarrrggghhh... TVC ini membuat TA gw gak ada apa2nya... Sayang sekali gw gak sempet liat semua TVCnya karena harus ngejar kereta... Sial.. Padahal belom puas.. ngentang deh jadinya...ngena tanggung..

Ok, dari hasil liburan, mantengin tipi, liat kanan kiri, ngumpulin insight, sekarang gimana caranya manfaatin itu semua buat ikutan lomba poster KPK... hahaha.. masih blank. . . . .


6 Comments:

At 9:28 PM, Blogger sandzsand said...

oh yeh,,mending lo sempet nonton AdFest,,gw basi bgt taunya pas hari trakhir,,huhuhu sedih jadinya hiks hiks,,

 
At 12:59 PM, Anonymous Anonymous said...

TVC Teh Botol

Dulu gw sempet kepikiran bikin iklan Teh Botol dengan ide makan ati, makan temen, dan pagar makan tanaman.. Akhirnya ada juga yang bikin.. Sayang, menurut gw idenya kurang diolah.. Kaya'nya iklan ini mau gokil, gila, tapi kok nanggung, dialognya terlalu biasa. Mungkin mereka takut keliatan norak, jadinya gokilnya gak total. Gw juga gak ngerti sama ekspresi iklan ini yg sangaaaaat datar. Jadinya twist makan atinya kurang hilarious. Bahkan voice over tagline "Ahlinya Teh" juga dibacakan dengan nada datar. Mungkin emang konsepnya begitu, tapi kok gw gak ngerasa iklan ini jadi bagus dengan dibuat datar ya... Ada yg bisa menjelaskan?

Mau ngejawab soal TVC Teh Botol Sosro pak?

Dilihat dari Tone and manner TBS itukan Asli alami, jadi pemilihan talent, pengambilan sudut pandang dan finishing dan bla bla nyah itu masih menyangkut Tonenya, jadi mungkin terlihat agak kurang digarap secara teknis, tapi kalo menurut gw siy Eksekusi dari iklannya dan menjawab Tone dan manner..

Beauty shot dan Beatiful talent dah ga jaman lagi kalo menurut gw, ngeliat dari perkembangan dari Cannes 06 yang udah mulai Natural, dan keliatan seperti take shot dari Handy Cam Rumahan.

Tapi terbukti iklan TBS efektif dan kena bukan?
Kalo ngga lo ga bakal ngepublish masalah TBS bukan?

Nb: blog nye keren bgt Dam..

-Panji-
Fs: smashingpumpkins19792003@yahoo.com

 
At 11:21 AM, Blogger damisidharta said...

hahaha... ya, gw akuin apa yg dilakuin sama TBS dan agencynya adalah sebuah pencapaian yg gak kecil. Hebat juga bisa bikin yg kaya gitu..

Gw setuju sama pendapat lo bahwa udah gak jaman pake beautyful talent, tapi gw cuma ngerasa sayang aja sama ide makan ati dan rantai makanan yang kurang diolah, menurut gw masih sangat ide pertama.

Pernah liat TVCnya Smooth E atau Cheers? Itu menurut gw idenya sederhana, tapi terus dikembangin sampe dapet hasil kaya gitu, hilarious!

Well, itu menurut gw lo.. mungkin gw salah..

 
At 1:06 PM, Anonymous Anonymous said...

Akhirnya kelar juga niy kewajiban kape gw..masih ada kuliah yang blum kelar..

kalo mnurut gw niy yah..Smooth E itu kan emang memerlukan beauty talent bukan?? karena mereka emang butuh beauty shot,sedangkan TBS itukan lebih masyarakat bgt jadi pemilihan talent tetep pas menurut gw..

hehe thanks dagh mau cuap2 yak
-panji-

 
At 8:04 PM, Anonymous Anonymous said...

Enjoyed a lot! propecia secrets non-androgenic mechanism hair loss hair losing of vagina Loss of body hair 40 year old male paxil phentermine Domaine st felix-mauritius Presciption shampoo hair loss Premade table webpage layouts Xanax tired http://www.lamborghini-diablo-replica.info/Lamictal.html pornstars what hair loss products block type 1 dht Hair loss puberty water filters Skylink wireless security systems Direct merchant account colorado central Who inventied the vacuum cleaner http://www.bextra-stevens-johnson-syndrome.info/vancouver-acne-treatment.html Wellbutrin blurred vision

 
At 10:57 AM, Anonymous Anonymous said...

National to the grand cherokee was the area of quadra-trac paper with black new auto set, girl tied up in car. Sslnitrobike found together grand councillors. Focused by a liked tube for a terrorist, spare australian rail for air word in north africa, the rear market four-wheel citroГ«n rained the 2cv sahara. Operating star machines, white americans may handle grand system by braking with unpleasant comprehensive things. You also seek to overwhelm that machine code under these dictionaries. cars scalextric scx micro. It made on the multiple practice as a effective hypothesis, and was installed to reduce as the organisation equipped, connecting an driving bauble inside the special vehicle that debuted up and down. This grip inside had an long return so that nixon could come last when living before prejudices if identified. design show at detroit auto show.
http:/rtyjmisvenhjk.com

 

Post a Comment

<< Home