Saturday, June 03, 2006

There's nothing new under the sun

Beberapa waktu lalu waktu gw lagi diskusi sama temen gw, nyari ide buat bikin self promo, kita sempet keluar beberapa ide yang lumayan. Tapi selalu aja diakhiri dengan kata-kata, "tapi... kaya'nya gw pernah liat yg mirip ini deh..." atau, "wah, mirip iklan itu tuh"...

Akhirnya temen gw berkesimpulan, "Dam, kaya'nya semua ide kreatif (konsep, ide, dan eksekusi) tuh udah ada yg pake. Tinggal diubah-ubah dikit aja. Atau dituker-tuker pesan dan brandnya.".

Gw pikir, masuk akal juga... Jarang banget gw liat ada iklan yg bener-bener baru, baik eksekusi maupun idenya. Tapi kok gw gak rela ya kalo hal itu benar adanya...

Kalo emang seperti itu adanya, berarti gak akan ada hal baru di dunia ini. Gak akan ada iklan yang bener-bener fresh!

Tapi gw ragu...

Menurut gw..
Pasti masih ada yg belom pernah dibuat orang..
Pasti masih ada yg belom pernah diangkat orang...
Pasti masih ada yg belom pernah kepikiran sama orang laen...

Mana yang menurut Anda benar?
Gw apa temen gw?



6 Comments:

At 12:43 PM, Anonymous Anonymous said...

Orang itu cenderung lupa.
Orang itu cenderung kurang explore sampe 360 derajat.
Orang Indonesia itu cenderung berbudaya latah.
Orang itu cenderung males nonton iklan.
Orang itu cenderung menomorsatukan gaya daripada fungsi.

Barusan adalah 5 dari sekian banyak hal yg terjadi di masyarakat yg bisa kita jadiin titik untuk mencari sesuatu yg baru.

There's always something new under the sun. Yg bilang ga ada itu biasanya orang2 yg hidupnya lempeng2 aja alias pasrah alias nrimo.

 
At 4:10 PM, Anonymous Anonymous said...

Pernah denger prinsipnya Glenn Marsalim ???
"lebih mudah bikin yang bagus, daripada bikin yang baru"

 
At 4:43 PM, Anonymous Anonymous said...

Iklan itu cenderung komersil(IMHO), dan orang Indonesia maunya kan yang gampang gampang aja...Bukan berarti kreatifnya yang ga maksimal atau buruk..Tapi bisa jadi kliennya yang ngga mau neko neko...atau malah cenderung suka yang basi..(?)

Contoh kecil, gw dulu pernah presentasi buat salah satu produk Sumber Ayu dan kebetulan produknya berbentuk cologne buat cowo dan cewe..Kalo di advertising briefnya mereka bilang SES-nya AB tapi waktu gw present ide kreatif dan story board yang kebetulan waktu itu ngga ada scene orang make cologne (secara harfiah), yang mnurut team gw itu sesuai dengan komunikasi kelas AB, eh si kliennya malah nanya dengan tegas, "Mas kok ga ada orang semprot-semprot colognenya ke badan? ntar penontonnya ngga ngerti lagi?" Nah lho!...

-anto-
thoms_design06@yahoo.com

 
At 3:18 PM, Blogger rangga said...

"a genius is someone who creates new thing from old ones."

berlaku di semua hal.

 
At 10:34 AM, Blogger thomasdian said...

semua yang masih bisa kamu impikan pasti dapat kamu lakukan....

semua yang belum bisa kamu bayangkan...ya belum bisa kamu lakukan


hehehe...
:thomas:

thomasdian.deviantart.com

 
At 3:05 PM, Blogger siaudy said...

semoga gue masih dikaruniai oleh Allah SWT untuk terus berfikir layaknya orang gila...

tapi bertingkah tidak seperti orang gila...

 

Post a Comment

<< Home