Wednesday, April 26, 2006

Crafting itu penting (biar rhyming)

Beberapa waktu yang lalu gw bantuin temen gw bikin PSA tentang stop kebut-kebutan. Waktu lagi ngelatur sama dia tiba-tiba terlontar ide begitu aja dari mulut gw, "gimana kalo visualnya pake gaya lukisan yg kaya' di truk tanah.". Dari situ gw jadi kepikiran, kok di Indonesia jarang ya iklan yang eksekusi visualnya bagus, craftingnya edan. Gak cuma yang tayang di media aja, gw dan temen2 gw juga lebih suka bikin iklan pake foto atau copy based. Padahal seorang artdirector kan harusnya punya banyak referensi eksekusi visual... Akhirnya, iklan2 kita jadi miskin...

Nah loh, gimana dong? Gw jadi merasa berdosa gini karena gak jago crafting. Bahkan belakangan ini gw cenderung jadi copy based.. kacau...

Yah, kita harus lebih banyak belajar...
Anyway, ini beberap iklan dengan visual yang menurut gw bagus... Enjoy!!






3 Comments:

At 9:03 PM, Anonymous Anonymous said...

akhirnya ada bahasan yang gw bisa nimbrung jugak *asyiiiik*. sebenernya lidah gw uda gatel cukup lama untuk ngebahas masalah crafting ini, akhirnya kemaren sempet gw obrolin sama kenalan gw (gw lupa dia d agency mana, namanya Mas Hendrik) gw ngebahas ttg kenapa iklan2 (khususnya PSA) yang ada selama ini cuma "gitu-gitu" aja craftingnya, apa lagi trend-nya kaya gitu? atau emang pakemnya kaya gitu?
akhirnya muncul juga di blog lo, dan sejujurnya gw uda cukup bosen dengan teknik photo based karena ya paling yang diolah ya itu-itu aja, kurang explore. copy based sebenernya bisa sangat luas lagi tapi kayanya blom ada yang dahsyat ya. paling ya cuma copywrighting-nya aja, jarang banged ada yang maen kombinasi antara copywriting sama layout.
gw suka banged ide lo ttg lukisan truk itu, gw langsung inget ttg "kutunggu jandamu" hahahahhaa...but it's kewl

maap klo tiba-tiba antusias gini :D secara ini pertama kalinya gw nimbrung disini. hehehehe

ditunggu reply-nya. smoga bisa banyak share lagi

yuuuuu yaaaa yuuuuu

 
At 9:16 PM, Anonymous Anonymous said...

wow.,,itu gambar cewe smua yah?haha, agak telat nyadarnya, ukey bgt, btw, lo dapet iklan2 ini darimana aja sih?slain adsoftheworld,thx for the info lho.tshe13

 
At 9:47 PM, Blogger damisidharta said...

Gw dapet iklan2 ini kebanyakan dari creative criminal. Sisanya nyolong sana sini.. hehehehe...

Yup, gw rasa juga crafting kita sangat miskin, termasuk gw, soalnya TA gw photo based.. hehehe...

Menurut gw kebanyakan dari artdirector kita emang males crafting. Terbukti dengan banyaknya AD yang ngeluh kalo disuruh bikin BTL, POS, dan POP.. gw juga suka ngomel nih...

Kalau mahasiswa biasanya terkondisikan buat nyari konsep visual yg gampang dieksekusi, murah, mudah, cepat!! Mungkin itu semua jadi kebiasaan dan kebawa sampe jadi praktisi... bisa jadi...

 

Post a Comment

<< Home