Wednesday, April 26, 2006

Corporate Social Responsibility

Belakangan ini (katanya) mulai rame yang namanya CSR atau Corporate Social Responsibility. Suatu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Mulai banyak perusahaan2 yang bikin PSA, yang selain bisa ngasih dampak positif ke masyarakat, juga bisa ngangkat image perusahaan tersebut. Kondisi ini menurut gw positif banget...

Ternyata CSR ini gak cuma populer di kalangan perusahaan pengiklan tapi juga di agency iklan. Beberapa waktu yang lalu gw sempet liat PSA say no to drugs-nya Matari dan PSA hari pers nasionalnya Pantarei. Sebuah usaha yg menurut gw bukan cuma meningkatkan image tapi juga pamer kebolehan dalam berkarya...

Well, sebenarnya sebuah kondisi yang bagus. Cuma.. sayangnya... kok gw liat sebagian besar PSA yang tayang di TV itu tayang larut malam. Mungkin itu karena manfaatin slot yang murah atau bahkan slot bonus dari TV. Tapi berapa orang yang bakal liat??

Belum lagi kebanyakan dari PSA di TV itu dibuat dengan eksekusi yg gw cuma bisa bilang MEMALUKAN! Gw sempet liat PSA tentang (kalo gak salah) sampah dengan eksekusi bluesrceen ala TVRI 20 taun lalu. Juga PSA yang isinya cuma majang tampang seorang pejabat sambil ngomong belepotan... Sedih gw...

Well, sekarang gw masih bisa bilang gitu... siapa tau nanti malah gw bikin begituan... semoga nggak deh..

Anyway, dengan maraknya CSR, berarti makin banyak peluang untuk bisa bikin karya yang bagus (selain tentunya dampaknya ke masyarakat). Momentum ini harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin...

2 Comments:

At 10:47 AM, Blogger Ibu said...

We are writing down our experiences in implementing CSR. I wonder if we may add you into our blog.
regards,
iris

 
At 9:53 AM, Blogger damisidharta said...

well, feel free to use anything from this blog you found usefull.

 

Post a Comment

<< Home