Miami Ad School
A few weeks ago, i've downloaded this print ad from some blog. By that time i was thinkin', "wow, they're so confident to claim this proposition...". But now i think, no wonder! Students from this school has dominate the international advertising festivals such as D&Ad, Clio and Andy Awards. Then i go to their website to gain more information. And i'm amazed...
It's their programs, their in-class teaching methode, teachers, network, and most of all, the student's sample work. Brilliant! I wish i had this luxury in my school. Well, another mountain to climb.
Beberapa minggu yang lalu gw mengunduh(download) iklan ini. Waktu itu gw pikir, "gila juga nih sekolah! berani bikin iklan kaya gini...". Tapi sekarang gw baru tau. Gak heran lah mereka berani bikin iklan kaya gini. Soalnya mayoritas pemenang student award di ajang kaya D&Ad, Clio, atau Andy Awards didominasi sama murid-murid dari sekolah ini (Udah baca artikel gw tentang Clio dan Andy,
Trus gw coba buka websitenya. Wow!
Bukan cuma progamnya aja yang bagus. Metode belajarnya, guru-gurunya, alumninya, networknya, dan yang paling bikin gw sirik, contoh karya anak-anaknya... Gila!! Ide-idenya berani dan segar banget. Dan tema-temanya gak munafik (gak sok-sok peduli sosial kaya' di sini...). Mereka bikin iklan buat produk-produk sepele kaya pencabut bulu idung, semir sepatu, konsultan perceraian, bir.... pokoknya asik banget.
Seorang temen gw nanya ke gw, "Kenapa ya dari sekolah kita ga ada yang ikut begituan (student award)?". Wah, pertanyaan basi! Tapi gw pikir kenapa juga ya?
Apa mahasiswa kita gak tau ada ajang kaya' gini?
Apa mahasiswa kita gak peduli sama award?
Apa justru sebenernya mereka ikutan, tapi karena kerjaannya butut jadi ga ada yang tembus...
Mungkin mereka gak tau. Soalnya gw aja, walau dari dulu udah tau, tapi baru sekarang-sekarang ini kebuka pikiran gw. "Kaya'nya ikutan ajang internasional asik juga!"
Mungkin juga mereka ga peduli sama award. Soalnya gw denger dari temen-temen gw di industri periklanan, banyak juga yang males ikutan begituan. Yang penting dapur ngebul...
Mungkin juga mereka ikutan tapi belum menang.
Tapi menurut gw award itu penting. Kita jadi bisa tau, kemampuan kita seberapa. Di ajang kaya' gitu
Udah saatnya kita gak cuma mikirin IP kita 4 atau 0,2... Toh kalo kita cari kerja yang diliat bukan IP, tapi outputnya... Jadi, mari kita mulai dari sekarang, iseng-iseng bikin iklan (dengan ide yang bukan kelas iseng-iseng) dan nyoba ikutan ajang-ajang iklan kaya' gitu...
Berikut ini gw kasih beberapa portonya anak
"Fresh inside" for Ziploc
4 Comments:
dami...posting tiap hari ya???
ah...ketinggalan nih...cuma mau bilang...terima kasih buat memberikan apa yang tidak(atau belum ya?) diberikan dosen-dosen kita....
aduh...tapi serius lo maw posting tiap hari?
hhhhh....bagus-bagus...kepedulian yang bagus...
tapi bikin sayah ketinggalan(itu ani sih...apa disave aja ya?)
knapa g dari dulu waktu masih jadi presiden ippdig lo memperlihatkan kepedulian seperti ini...ketika lo masih punya kuasa sedikit lebih banyak untuk didengar...
eh...pernah berpikir ga sih kenapa iklan2 indonesia tidak seperti yang lo harapin? dari segi budaya misalnya? bahasa rupanya?(ayo pak prim banget tuh)-->inspiredby jeanny bla bla..itu loh...senior CDnya dentsu...
hah...dam...smogablog ini memberibanyak manfaat buat kitasemua deh...yang jelas buat ani udah....
makasih yak...
Hahahaha... Soalnya gw lagi liburan dan ga ada kerjaan laen, jd gw posting deh tiap hari. haha..
Knapa baru sekarang begininya? Karena kosan gw baru online sekarang.. wakakakakakak... Gw baru mulai browse sana-sini, ngobrol sana-sini, tanya sana sini,jadi pikirannya baru kebuka sekarang.. haha.. kasian ya..
Kenapa iklan Indonesia gak seperti yg gw harapin? Wah susah juga nih...
Sebenernya iklan Indonesia banyak yang bagus juga kok, walaupun blum banyak yang bagus banget.
Tapi jangan salah, di luar negeri, misalnya di Thailand, menurut Paul Sidharta, Associate CD JWT Bangkok, Iklan yang tayang di TV juga banyakan yang busuknya. Sama aja kaya di Indonesia. Padahal Thailand bisa dibilang NO. 1 di Asia dalam soal kreatifitas iklan.
Kalo soal bahasa visual. Gw gak bisa cerita banyak, soalnya bahasa visual gw C, hahahaha...
Tapi menurut gw, iklan dgn citarasa Indonesia yg baik itu bukan iklan yang cuma nampilin tari kecak, atau candi-candi, atau atribut kebudayaan Indonesia doang.
Menurut gw iklan lokal yang baik itu punya insight yang kuat dari budaya lokal yang bisa dibedain dari iklan negara lain. Dan insight itu bukan cuma atribut, tapi juga prilaku, pola pikir, kebiasaan, persepsi, dll.. Jadi, iklan yg baik itu iklan yang bicara dengan bahasa target audiencenya...
Yah semoga blog gw berguna buat kita semua, Ya! Yuk Ya, Yuuu! Jadi tolong bantuin promosiin ya.. hahahahahahaha...
walah Miami Ad School kalah keren sama The Art Institute.
GUe coba buka websitenya miami mo liat seberapa keren seh student work nya eh malah erro page, halamannya kosong melompong. Dan inilah yang bikin gue kesel bangett, banyak banget designer2 yg ngaku2 kerenlah ato apalah...
tapi pas gue ngecek mereka punya website walahhh gubrakkk deh....
websitenya ancur2an banget trus lama banget nge-dlnya padahal gue disini udah pake mac. Contohnya aja Jerry website,Lia anak Wolonggong oz yg ngaku2nya design master. Hahahaha.... GUE CUMAN BISA TERTAWA BESAR !!!
anak jakarta jg gak kalah sekarang lohh...
udah denger anak imago yg menang bronze di oneshow, baru kemaren kalo gw gak salah...
Post a Comment
<< Home