Saturday, February 04, 2006

Ambient Media: Binatang langka

Zinema Zombie Second Season/Bogota Museum of Modern Art


Ambient media, may have became a regular advertising strategy in your country. But not in mine. So, if you don’t mind, I need to talk about it with my people. Just a sec.. Meanwhile, you can enjoy my other articles.

Ok, sementara bule-bule itu udah pergi, mari kita ngobrol soal ambient media.

Di semua festival iklan internasional, pasti gw nemu yang namanya kategori outdoor media atau out of home media, atau yang biasa disebut ambient media. Di Citra Pariwara juga ada kategori ini. Bahkan tahun 2004, gw pernah jadi finalis bareng Avicom Airvertising di kategori ini. Sayang ga ada pemenangnya…



The Economist


Well, bukan itu yang pengen gw omongin. Tapi dari sekian entry ambient media yang masuk ke Citra Pariwara, kok kita jarang liat barangnya di sekitar kita ya?

Gw pribadi, seinget gw, gak pernah liat iklan yang tayang pake ambient media. Bahkan yang gw dan tim gw buat waktu Citra Pariwara 2004 juga initiative ad yang cuma tayang di 1-2 kafe di jakarta.



CH-9


Jadi kenapa media ini jarang dimanfaatin di Indonesia?

Apa karena jarang yg tau soal media ini? Gw yakin sih enggak mungkinlah ada advertising agency di Indonesia yang gak tau soal ambient media. Maluin…

Apa karena kliennya yang gak tau soal ini? Mungkin, tapi masih bisa diedukasi.

Apa karena produksi dan perawatannya yang susah? Bisa juga. Karena gw pernah liat supplier yang gak bisa menyanggupi pembuatan ambient media karena gak berani ngurus perawatannya.

Atau karena resikonya yang besar? Maksudnya, tau kan kalau Indonesia itu orang-orangnya sangatlah peka terhadap lingkungan. Ada telepon umum, di cabut. Ada tong sampah bagus, di bawa pulang. Ada spanduk nganggur, dicolong buat bikin acara kampus (hahaha… gw pernah nih kalo yang ini..). Pokoknya hampir ga ada sarana umum yang selamet dari tangan-tangan jahil. Mungkin karena ini orang takut buat bikin ambient media.

Soda Insect Restaurant


Anyway, menurut gw ambient media itu bisa jadi strategi yang efektif buat iklan. Karena sekarang “seeing is believing” mungkin udah gak cukup. Experiencing is believing mungkin lebih tepat. Ada komentar?



K2R Stain Remover



Original Costumes



FedEx Kinkos


11 Comments:

At 1:09 PM, Blogger ilmaffectional said...

Well, sebagai seorang mantan mahasiswa yang "dulunya sempat menjadi pengamat dan sedikit ahli" soal ambient media sehingga tertarik mengangkat ambient media ini jadi tema saat menjadi pembicara seminar di Universitas Widyatama (huahahahaaaa!!!!)... saya tidak akan terlalu banyak berkomentar, karena toh saya yakin saudara Dami pastinya lebih mengerti soal ini dibanding saya sekarang (karena saya terlalu banyak bercinta dengan dunia motor...).. tapi menjawab pertanyaan kenapa ambient media ini langka di Indonesia, hhmmm..

Begini, media2 advertising ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2: media2 tradisional dengan asumsi kekurangefektifannya namun dirasa masih bisa dianggap sebagai sarana komersial (khususnya di negara2 berkembang), dan... ambient media yang mempunyai efek dahsyat karena bisa secara langsung melibatkan target audiens dengan 'menjerumuskan' mereka ke dalam efek 'seolah-olah' yang diciptakan oleh ambient media itu sendiri. Ok, memang persentasi probabilitas keberhasilan menjerat target audiens dalam menangkap pesan iklan bisa jadi sangat tinggi, tapi... banyak sekali faktor2 yang menjadi pertimbangan kenapa akhirnya media ini kurang 'digemari' untuk diaplikasikan di Indonesia.

1. Masalah duit. Setahu saya memang media ini cukup membuat pusing karena harus mikirin mo dipasang dimana, bagaimana, dll... jatoh2nya masalah duit juga nih yg mesti dipikirin.

2. Masih men'dewa'nya media2 tradisional, khususnya tv di Indonesia.. apalagi kalo tu iklan targetnya buat ibu2 dan PRT, taro aja di TV pake artis2 buat jadi modelnya diselingan acara2 favorit, beres.

3. Yah, dammm... kayak gak tau ajahhh... bangsa kita kan orangnya 'kreatif2'... isengnya gak ada dua.. udah mahal2 bikin ambient media, gak nyampe sehari bisa2 udah dijualin di tanah Abang...

Yahhh... sekali lagi, saya gak bisa berkomentar banyak (atau segini udah banyak yah?)... salah2 malah dikatain sok tau lagi, hehe... Lagian gw udah lama nih gak nge up-date diri soal iklan.. Jadi, mohon pengertiannya ya Dam.. kalo ada salah2, tell me aja ya bo'.. :P

 
At 4:13 PM, Blogger damisidharta said...

Ya itu tadi kuliah 2 sks dari sodari Ilma... Beliau sekarang jadi pengusaha motor 2nd di jkt...

Thank you bgt , Ma, buat ilmu ambientnya...

 
At 11:07 AM, Blogger great ani said...

ada satu yang kelupaan kali ya...
menurut ani birokrasi yang berbelit2 dan g jelas juga....
yang jatoh2nya juga ke duit

buat masang yang "g biasa" di tempat umum..bayangkan..berapa lapisan yang musti 'ditembus'..
heheh

mungkin....

 
At 1:53 PM, Blogger damisidharta said...

hhhmmm... masuk akal juga...
Mungkin itu yang jadi masalah kali, ya...

 
At 8:38 PM, Blogger great ani said...

halah halah...
udah dibales lagi commentnya...

wihiy....rajin banget siy?

 
At 10:45 PM, Blogger damisidharta said...

maklum... ternyata di kampus blom ada kegiatan... jadi gw kembali ke lembah digital ini...

 
At 9:19 PM, Anonymous Anonymous said...

hmmm,,ambient tuh emang mirip ambeyen y,,,
salah 'duduk' bisa nyeri sendiri,,,
hahaahaa....

gw pernah ngbahas mslh ni sm temen2 d kampus,,,bayangkan aja,,tmn2 gw aja baru pada tau istlah ambient,,malah dikira penyakit beneran,,(maklum kan bukan praktisi iklan,,,hehehehehhe)

btw, klo mw tau proses produksi media ambient d indonesia enaknya,asiknya,gampangnya,kira-kira kemana y?

 
At 11:21 AM, Blogger damisidharta said...

Coba deh tanya ke milis-milis orang iklan. Bisa ke artdirectorclub atau ke creative_circle_ind....

 
At 6:44 AM, Anonymous Anonymous said...

Very cool design! Useful information. Go on! vardenafil on sale on camping trips keygen videocam serial v2 Www monbebe net parental control hotel reservations mackinac island paintball guns Free roulette tip wall paper paintball Cheapest viagra prices talon ghost paintball gun brass eagle Honda accord squeaking georgias paintballing

 
At 4:26 PM, Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info Colors solara toyota Extreme car alarms Montana state lottery Get didrex now from $37.00 double pharmacy floor lamp

 
At 2:58 PM, Anonymous Anonymous said...

hi!
experience is believing? iya..tentunya. Menurut 'ramalan' Integrated Marketing Communication, nantinya (sekarang udah mulai sih) berkembang metode eksperiental marketing. semacem campuran dari event dan tester.. kurang lebih begitu. jadi konsumen/audience bisa nyoba sekaligus bener2 ngerasain benefitnya. right to their affection.

 

Post a Comment

<< Home